cover
Contact Name
diah sudiarti
Contact Email
bbioshell@gmail.com
Phone
+6281236716433
Journal Mail Official
bbioshell@gmail.com
Editorial Address
Jl. Kyai Mojo No. 101 Kaliwates, Jember 68133
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
JURNAL BIOSHELL
ISSN : 23014105     EISSN : 26230321     DOI : -
Jurnal Bioshell bertujuan untuk menjembatani kesenjangan antara penelitian dan praktik, memberikan informasi, ide dan pendapat, selain ujian kritis kemajuan penelitian, pengajaran, pembelajaran biologi, Biologi, dan Pembelajaran IPA. Melalui cakupan kebijakan dan pengembangan kurikulum, hasil penelitian terbaru tentang pengajaran, pembelajaran dan penilaian biologi dikedepankan. Jurnal Bioshell menerima dan menerbitkan artikel dalam bentuk penelitian dan kajian (artikel ilmiah) di bidang pendidikan biologi dan pemanfaatan penelitian biologi dalam proses belajar mengajar. Semua artikel diterbitkan dalam bahasa Indonesia dan menjalani proses penilaian sejawat. Ruang lingkup Jurnal Bioshell difokuskan pada penelitian / review pendidikan biologi, Biologi, dan Pembelajaran IPA.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 9 No 1 (2020): April" : 6 Documents clear
Penerapan Media Peta Jelajah Taman Botani Materi Bryophyta dan Pteridophyta Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Muhammadiyah 01 Rambipuji Ita Wahyulia; Haning hasbiyati; Diah sudiarti
JURNAL BIOSHELL Vol 9 No 1 (2020): April
Publisher : Pendidikan Biologi,Universitas Islam Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36835/bio.v9i1.751

Abstract

Media merupakan salah satu alat bantu yang digunakan oleh guru dalam roses pembelajaran. Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa rendah, dimana nilai hasil belajar siswa masih banyak yang di bawah KKM, terutama pada saat ulangan harian. Jenis penelitian ini menggunakan PTK, dengan pengumpulan data menggunakan data kuantitatif yang berasal dari tes kognitif hasil belajar siswa. Dengan subyek penelitian sebanyak 18 siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut rata- rata nilai kognitif siswa pada siklus I sebesar 81. Pada siklus II diperoleh rata-ratanilai kognitif siswa sejumlah 90, maka terjadi peningkatan sejumlah 9%. Maka penerapan media menggunakan penerapan media Peta Jelajah Taman Botani sangat efektif berasarkan hasil pencapaiaan hasl belajar siswa sehingga dapat membantu dalam keberhasilan proses pembelajaran. Kata kunci: Hasil Belajar, Peta Jelajah, Taman Botani.
Perbandingan Penggunaan Pupuk Organik Cair (POC) Gedebog Pisang (Musa Paradisiaca L) Dengan Pupuk Organik Cair (POC) Serabut Kelapa (Cocos Nuciefera L) Terhadap Pertumbuhan Tanaman Jagung Manis (Zea Mays L Saccharata) Achmad Baihaki; Diah Sudiarti; Imam Bukhori Muslim
JURNAL BIOSHELL Vol 9 No 1 (2020): April
Publisher : Pendidikan Biologi,Universitas Islam Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36835/bio.v9i1.752

Abstract

Jagung Manis adalah salah satu jenis sayuran yang disukai oleh masyarakat karena memiliki rasa yang manis dan enak serta bermanfaat bagi kesehatan karena mengandung banyak gizi, seperti karbohidrat, protein, lemak, beberapa vitamin, dan mineral serta kadar gulanya relatif tinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan tanaman jagung manis. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan pola empat perlakuan. Pemberian POC GP, POC SK, K+ dan K- dengan 3x pengulangan. Berdasarkan hasil penelitian maka diketahui bahwa rata – rata pemberian pupuk kimia terhadap tinggi tanaman Jagung Manis lebih baik dengan rata – rata 60.53 dibandingkan dengan pemberian POC SK rata – rata 57.77dan pemberian POC GP rata – rata 56.47 dan K- rata – rata 43.19. Untuk jumlah daun diketahui bahwa rata – rata pemberian pupuk kimia terhadap jumlah daun Jagung Manis lebih baik dengan rata – rata 6.79 dibandingkan dengan pemberian POC SK rata – rata 6.71 dan pemberian POC GP rata – rata 6.54 dan K- rata – rata 5.74. Kata kunci : Pupuk Organik Cair (POC), Gedebog Pisang (GP) , Serabut Kelapa (SK)
Penerapan model pembelajaran PQ4R ( preview, question, read, reflect, recite, review)untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di MTs Raudlatus Syabab Sukowono - jember: Penerapan model pembelajaran PQ4R ( review, question, read, reflect, recite, review) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di MTs Raudlatus Syabab Sukowono -Jember Sofatul Wida; Imam Bukhori Muslim; Miftahul Hakim
JURNAL BIOSHELL Vol 9 No 1 (2020): April
Publisher : Pendidikan Biologi,Universitas Islam Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36835/bio.v9i1.755

Abstract

Penerapan model Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Recite, Reflect, Review)yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pemanasan global. Jenis penelitian yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini dilakukan 2 siklus. Subjek penelitian ini siswa kelas VII B di Mts Raudlatus Syabab Sukowono Jember. Dengan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes, metode dokumentasi, metode wawancara. Adapun metode analisis datanya menggunakan analisis data kualitatif. Hasil yang diperoleh yaitu terdapat peningkatan hasil belajar siswa. Kata kunci: PQ4R, Hasil belajar siswa
Penerapan Model RCCDE Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Alat Peraga di Smp 01 Islam Jember Jamaliyah; Siti Roudlotul Hikamah; Umi Nurjanah
JURNAL BIOSHELL Vol 9 No 1 (2020): April
Publisher : Pendidikan Biologi,Universitas Islam Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36835/bio.v9i1.756

Abstract

Model pembelajaran merupakan salah satu alat bantu yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran. Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa rendah, dimana siswa tidak memiliki semangat dan motivasi untuk belajar  dan nilai hasil belajar siswa masih banyak yang di bawah KKM, terutama pada saat ulangan harian. Jenis penelitian ini menggunakan PTK, dengan pengumpulan data menggunakan data kuantitatif yang berasal dari tes kognitif hasil belajar siswa. Dengan nilai rata-rata kognitif siswa pada siklus 1 sebesar 76. Pada siklus II diperoleh rata-rata nilai kognitif siswa sejumlah 81, maka terjadi peningkatan sejumlah 5%. Penerapan model menggunakan model RCCDE (Reading Concept Map Connection   Discussion Evaluation) melalui media alat peraga sangat efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga dapat membantu dalam keberhasilan proses pembelajaran. Kata kunci: Alat peraga, Hasil belajar, Model RCCDE.
Identifikasi Tumbuhan Lumut (Bryophyta) di Taman Botani Sukorambi Kabupaten Jember Fida Qori'atun Nur Khoiriyah; Diah Sudarti; Haning Hasbiyati
JURNAL BIOSHELL Vol 9 No 1 (2020): April
Publisher : Pendidikan Biologi,Universitas Islam Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36835/bio.v9i1.757

Abstract

Taman Botani Sukorambi adalah tempat wisata alam flora dan fauna dengan luas tanah keseluruhan sekitar 12 hektar Disana terdapat sekitar 500 jenis tumbuhan mulai dari tanaman obat, tanaman hias, sampai tumbuhan epifit. Tumbuhan lumut yang tersebar di Indonesia mempunyai berbagai macam jenis, namun di Taman Botani Sukorambi belum dilakukan identifikasi secara detail. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif pendekatan kualitatif, dengan menggunkan metode survey. Data hasil penelitian di analisis secara deskriptif dan setiap jenis tumbuhan lumut diidentifikasikan menurut jenisnya (sampai pada tingkat genus). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 9 genus tumbuhan lumut yaitu Philonotis, Rhynchostegiella, Calymperes, Cyathodium, Fissidens, Octoblepharum, Notothylas, Barbula, Riccia yang dapat dikelompokkan ke dalam 9 famili yaitu Bartramiaceae, Brachytheciaceae, Calymperaceae, Cyathodiaceae, Fissidentaceae, Leucobryaceae, Notothyladaceae, Pottiaceae, Ricciaceae. Sehingga dengan adanya penelitian ini dapat mengetahui jenis-jenis tumbuhan lumut yang ada di Taman Botani Sukorambi. Kata kunci: Jenis Bryophyta, Taman Botani Sukorambi
Implementasi Sistem Akuaponik Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MTS Zainul Hasan Balung Nuriyatul Laili Nuri; Umi Nurjanah; Miftahul Hakim
JURNAL BIOSHELL Vol 9 No 1 (2020): April
Publisher : Pendidikan Biologi,Universitas Islam Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36835/bio.v9i1.759

Abstract

Pembelajaran IPA Terpadu pada kompetensi dasar interaksi mahluk hidup dengan lingkungan yang berlangsung belum ada media dalam pembelajaran, berdasarkan Penilaian Harian 61,2% yang mecapai ketuntasan, oleh karena itu untuk meningkatkan hasil belajar siswa peneliti menerapkan sistem akuaponik sebagai media pembelajaran. Tujuan penelitian Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VII.C di MTs. Zainul Hasan Balung, melalui implementasi sistem akuaponik sebagai media pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VII.C MTs. Zainul Hasan Balung yang berjumlah 31 siswa. Metode pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar, wawancara, dan observasi. Analisis data kuantitatif diperoleh dari tes hasil belajar siswa setiap akhir siklus. Indikator keberhasil diukur dengan persentase ketuntasan klasikal 75% dan nilai KKM 70. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan pada akhir tindakan terjadi peningkatan hasil belajar mencapai ketuntasan klasikal 90,3%. Kata Kunci: Media Sistem Akuaponik, Hasil Belajar.  

Page 1 of 1 | Total Record : 6